Diskusi Novel “Bandar” di LBS Unpas

Evaluasi Buku Sunda dari Ketua LBS Unpas
February 3, 2015
Hawe dan Tisna Presentasi di Unpas
February 9, 2015

Diskusi Novel “Bandar” di LBS Unpas

Novel "Bandar" karma Zaky Yamani

Novel “Bandar” karma Zaky Yamani

Puluhan peminat sastra berkumpul di Panggung Alit LBS Unpas, Sabtu (31/01/15). Mereka mendiskusikan novel Bandar karya Zaky Yamani, penulis dan wartawan peraih hadiah jurnalistik yang sehari-hari bekerja untuk surat kabar Pikiran Rakyat. Zaky juga dikenal sebagai alumnus FISIP Unpas yang kemudian menempuh pendidikan formal di bidang jurnalisme di Filipina.

Novel terbitan Gramedia ini bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga bandar ganja yang tinggal di sebuah lingkungan urban di Bandung. Dalam alur perkisahannya tergambar pula perubahan sosial dan politik di Indonesia selepas pendudukan Jepang, melewati konflik bersaudara pada dasawarsa 1950-an hingga ke masa-masa belakangan. Cerita berkisar di sekitar figur bernama Dewi, wanita yang pernah dihinakan tapi sekaligus menjadi titik pusat cerita.

Penulis dan jurnalis Zaky Yamani di Panggung Alit LBS UNPAS (Foto: Purwanto)

Penulis dan jurnalis Zaky Yamani di Panggung Alit LBS UNPAS (Foto: Purwanto)

Zaky sendiri hadir sebagai salah seorang pembicara dalam sawala ini. Ia antara lain menuturkan pengalamannya selama menulis draf novel pertamanya ini. Dikatakan bahwa proses riset dan penulisan novel ini memakan waktu sekitar sepuluh tahun.

Pembicara lain adalah Mochamad Amirudin, aktivis Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman (LPIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung. Amirudin membaca novel ini dari sudut pandang filosofis.

Dekan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Unpas Senny Suzana Alwasilah turut hadir dalam acara ini bersama beberapa mahasiswa dan mahasiswi dari Jurusan Sastra Inggris, Unpas. Sejumlah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati juga hadir. Acara yang diselenggarakan melalui kerja sama antara LBS Unpas dan LPIK UIN Sunan Gunung Djati ini juga diselingi dengan nyanyian dari pemusik Adew Habtsa.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =