Seminar Pencak Silat Haji Salam dari Banten

Wayang sebagai Mediator Perkuliahan di Unpas
August 12, 2016
Dies Natalis Unpas ke 56 Luncurkan Buku Wayang Golek
November 22, 2016

Seminar Pencak Silat Haji Salam dari Banten

 

BANTEN terletak di daerah barat Jawa. Kini telah menjadi provinsi tersendiri,  setelah sebelumnya memisahkan diri dari Provinsi Jawa Barat. Dalam ranah dunia persilatan, Banten adalah kancah dari inisiasi ritual beladiri silat,  yang mengandung praktik pertarungan, terapi, tarian,  music dan teater. Inisiasi tersebut tumbuh atas pengaruh kemampuan tubuh yang diberikan oleh system sosial-politik dan budaya yang silih berganti:  maksudnya melalui serangkaian masa kerajaan Hindu-Budha, kesultanaan Islam, jaringan perdagangan dan agama yang berasal dari Cina dan Timur Tengah.

Kemampuan tubuh yang diberikan oleh system sosial-politik dan budaya yang  silih berganti itu kemudian menjadi pendasaran dari system silat lokal (Banten), yang bukan hanya mempunyai cirri khas Melayu,  tetapi juga menunjukkan ‘Kabantenan’nya. Kabantenan yang dimaksud mengandung berbagai prinsip etika, budaya dan agama  yang merupakan cirri khas Banten dan mencakup berbagai variasi lokal.

Gabriel Facal, peneliti Antropologi sosial yang merupakan anggota dari Institut de recherches Asiatiques (Irasia, Marseille) serta Centre de recherches sur l’Asie du Sud-Est (CASE, Paris); telah melakukan studi banding atas lima  aliran utama dalam pencak silat di daerah Banten. Puluhan kali ia terjun kelapangan penelitian di AsiaTenggara, terutama di Banten. Menurutnya, jawara adalah kepala otoritas lokal dan melalui posisi hierarki mereka. Di dalam organisasi inisiasi beladiri silat pula jawara memiliki pengaruhan politik yang utama.

Buku yang berjudul Keyakinan dan kekuatan;  Seni Bela Diri Silat Banten  sendiri mendeskripsikan tentang kosmologi dan system teknik dari kelompok inisiasi dalam konteks sejarah dan sosial-budaya Banten;  juga menceritakan secara terperinci perjalanan sesepuh pendiri aliran, naskah pendirian perguruan, dan organisasi sosial-politiknya. Melalui buku tersebut, pembaca bisa memahami lebih lanjut mengenai hal yang menjadi permasalahan di masa kini terkait dengan proses pengolahragaan, perubahan politik dan ekonomik di Indonesia, serta persaingan dari sistem beladiri luar yang diangkat oleh media massa.

Tampaknya, itulah pendorong utama sehingga buku Keyakinan dan kekuatan;  Seni Bela Diri Silat Banten perlu dikenalkan kekhalayak luas. Oleh karena itu dipada tanggal 02  Oktober 2016 Diadakan seminar “Pencak Silat Haji Salam dari Banten” di kampus Unpas, Jl. Setiabudhi

Comments are closed.